ditvnews.com, Medan-Seorang pemuda di Dusun Belimbing, Desa Melati 2,  Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai/ Sumatera Utara, Ricky Santri Kurniawan, berhasil meraup rupiah dari mengkespor hewan lipan,

 

Ricky, memulai usaha ekspor lipan ini  sejak 2015 lalu, sebelum nya usaha ini dirintis ayahnya sejak 1986 silam.

Awalnya Ricky hanya mengumpul dan menjual lipan hidup untuk pakan ikan arwana. Pembelinya saat itu banyak datang dari Medan dan Jakarta.

Seiring tingginya  permintaan akan lipan kering terutama dari Surabaya,  saat itulah Ricky mulai memfokuskan pada usaha pengeringan lipan.

 

Selain tingginya pesanan terhadap lipan kering milik Ricky, ia pun mendapat tawaran untuk kerjasam dengan pembeli asal Vietnam. Hal itu yang membuat nama Ricky tercatat sebagai eksportir lipan pertama di Sumatera Utara.

 

Tak tanggung-tanggung, ekspor perdananya pada awal agustus 2018 lalu, berhasil mengirim sebanyak 100 ribu ekor lipan kering, dengan berat total mencapai 460 kilogram, harganya fantastis, sebesar 1,2 juta rupiah per kilogram.

Dari ekspor perdana itu, Ricky berhasil mengantongi uang sebanyak 552 juta rupiah

Lipan-lipan tersebut dikumpulkan dari warga atau petani di kecamatan sekitar tempat tinggal Ricky. Seekor lipan dihargai 1.500 rupiah. Usaha ini juga yang membuat warga di sana memperoleh penghasilan tambahan.

Potensi bisnis lipan ini tergolong masih sangat besar, terlebih kini masih jarang pengepul lipan yang beroperasi. Sementara permintaan pasar terus meningkat.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here