ditvnews.com, Medan-Sebanyak 16.135 narapidana dari 39 unit pelaksana teknis rutan dan lapas di sumatera utara mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.  Bahkan, 368 narapidana di antara nya langsung bebas sujud syukur

 

 

Salah satu UPT yang memberikan hak remisi kepada narapidana nya adalah Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan,  dimana sebanyak 1700 warga binaan mendapat remisi umum ini, sujud syukur setelah mendapat remisi umum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Tidak hanya narapidana yang tersandung kasus pidana umum dan juga narkotika, Kementrian Hukum Dan Ham Wilayah Sumatera Utara juga turut memberi remisi kepada warga binaan kasus tindak pidana korupsi.

 

Pemberian remisi atau pengurangan masa menjalani pidana ini telah di atur dalam pasal 14 ayat (1) undang undang nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan, dimana setiap narapidana, memiliki hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

 

Sejumlah narapidana yang mendapatkan remisi ini, harus terlebih dahulu menjalani hukuman nya minimal 6 bulan dan selama menjalani hukuman tersebut harus berkelakuan baik. Namun, pengurangan masa hukuman ini atau remisi tidak dapat di berikan kepada narapidana yang di vonis hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here